Seleksi KSM Kota Palembang di laksanakan hari ini

Palembang-Humas,
Seleksi peserta Kompetensi Sains Madrasah (KSM)  untuk kota Palembang di laksanakan hari ini Sabtu (18/5) di aula MAN  3 Palembang. Peserta KSM terdiri dari siswa tingkat MI, MTs dan MA sekota Palembang. Panitia Uji KSM berasal dari jajaran kantor kementerian Agama (Kemenag) Kota Palembang di bantu para pengawas yang mengawas tes hari ini.

Menindaklanjuti surat kanwil kemenag sumsel nomor Kw.06.4/2/PP.00/397/2013 yang merujuk pada surat Dirjen Pendis Kementerian Agama RI nomor Dt.I.I/5/PP.00/187.A/2013, tanggal 27 Maret 2013 tentang pelaksanaan Ajang Kompetisi Seni, Olah Raga dan Sains  (Aksioma) Madrasah tahun 2013. Akhirnya Kemenag kota Palembang mengadakan ajang tersebut untuk meyeleksi peserta yang bakal di ikutkan pada  aksioma tingkat provinsi  8 Juni 2013 mendatang.

Kasi Mapenda Kemenag Kota Palembang, Untung Gutmir dalam sambutannya tadi pagi Sabtu (18/5) mengatakan jumlah yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari siswa tingkat MI, Mts dan MA. Dan itu sudah mendaftar pada panitia KSM kota Palembang. "Peserta yang ikut semuanya sudah mendaftarkan diri pada kami" ujarnya

Menurutnya, peserta yang lolos pada ajang tersebut baik itu dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah ataupun Aliyah langsung mengikuti ajang  Aksioma tingkat Provinsi dan kalau lolos tingkat provinsi terus melaju ke tingkat Nasional. "Seleksi ini bertujuan mencari yang terbaik dan akan mewakili kota Palembang untuk ikut Aksioma tingkat Provinsi mendatang. Jadi nanti yang di nyatakan menang bersiap-siaplah berlaga di tingkat provinsi" ujar Gutmir

 Tes seleksi ini di laksanakan secara individu. Setiap madrasah boleh mendaftarkan siswanya lebih dari satu. Tercatat peserta yang ikut seleksi KSM berjumlah lebih dari ratusan siswa yang terbagi atas peserta MI, Mts dan MA. Setiap peserta mendapatkan lembar soal sesuai pelajaran yang mereka pilih.

Untuk tingkat MI terdiri dari 2 mata pelajaran yakni IPA dan Matematika. Untuk tingkat MTs terdiri dari Matematika, Biologi dan Fisika. Sedangkan tingkat MA terbilang paling banyak yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Kepala MAN 3 Palembang sebagai tuan rumah mengatakan setiap tingkatan melaksanakan tes pada satu ruangan. "Baik itu MI.Mts, MA, masing-masing berada dalam satu ruang, di sana mereka di kelompokan sesuai mata uji yang di pilih" ujarnya

Masing-masing ruang di awasi oleh pengawas yang berasal dari kankemenag kota Palembang. Untuk tingkat MA pengawasnya lebih dari 2 karena jumlah merekapun banyak. Suasana KSM berjalan lancar meskipun sempat kekurangan meja dan kursi peserta. (tgh)

Siswa MIN 2 Palembang ikut KSM tingkat Kota

Palembang-Humas,
Sebanyak 16 siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang mengikuti seleksi Kompetensi Sains Madrasah (KSM) 2013 tingkat kota Palembang. Mereka tergabung dengan puluhan peserta lain asal madrasah Ibtidaiyah. Tes seleksi ini di laksanakan Sabtu (18/5) di aula lantai 2 MAN 3 Palembang. 

Ada dua mata pelajaran yang di ujikan untuk  tingkat Ibtidaiyah yakni Matematika dan IPA. Siswa MIN 2 Palembang mengikuti kedua mata pelajaran tersebut. Peserta tes berada dalam satu ruangan  yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok  IPA dan Matematika. Pelaksanaan tes ini sama seperti ujian di sekolah. Setiap peserta mendapatkan lembar soal dan mereka di awasi oleh dua pengawas. Jumlah butir soal dalam tes ini sebanyak 80 soal dan harus di selesaikan dalam waktu 120 menit atau 2 jam. 

Kasi Mapenda Kementerian Agama Kota Palembang, Untung Gutmir  membuka secara langsung test KSM tersebut. Dalam arahannya ia mengatakan tujuan tes adalah untuk menyeleksi  peserta terbaik dari tingkat MI, MTs dan MA. Peserta yang lulus seleksi tingkat kota akan di ikutkan pada KSM tingkat provinsi 18 Juni mendatang. "Kalau lulus tingkat provinsi akan berlaga pada tingkat Nasional" kata Gutmir di ruang aula MAN 3 Palembang, Sabtu (18/5)

lanjutnya, soal-soal yang di ujikan pada KSM tersebut  di buat oleh pusat. TIM seleksi kota hanya menyiapkan dan menggandakan soal-soal yang di kirim dari pusat tersebut. Selain itu, panitia juga menyiapkan para pengawas. "Soalnya langsung dari pusat dan nanti kalian akan di awasi oleh para guru dan pengawas dari kota Palembang" katanya

Sementara itu, Kepala MIN 2 Palembang yang tak sempat mengawasi pesertanya secara langsung, berharap ada siswanya yang lolos seleksi di tingkat kota dan melaju ke tingkat provinsi. "Kita doakan semangat para siswa membawa mereka melaju sampai tingkat nasional" harapnya (tgh)

Mustika-Beny, Juara guru berprestasi asal MIN 2 Palembang

Palembang-Humas,
2 orang guru asal Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang akhirnya terpilih sebagai juara pada ajang pemilihan guru Madrasah berprestasi tahun 2013. RA. Mustika Hariyanti,S.Pd terpilih sebagai juara 1, sementara Beny,S.Pd.I terpilih sebagai juara 2. Asisten IV Kesda Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di dampingi Kakan kemenag berkenan langsung menyerahan hadiah dan piala kepada keduanya di aula MAN 3 Palembang, Jum'at (17/5). 

Beny dan Mustika mengikuti pemilihan guru berprestasi sejak Rabu lalu (15/5). Keduanya berhasil mengalahkan 12 guru lainnya dan akhirnya terpilih sebagai juara guru berprestasi tingkat Madrasah Ibtidaiyah tahun ini. Rasa senang dan gembira mereka rasakan ketia panitia mengumumkan keduanya terpilih sebagai juara. Bangganya, juara 1 dan 2 di raih oleh sesama guru dari MIN 2 Palembang tersebut. 

Perasaan senang dan bangga masih terpancar pada keduanya ketika tiba di halaman madrasah. Mereka langsung di sambut para siswa sambil menyujud tangan keduanya. Sementara itu, Kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan langsung mengajak Beny dan Mustika untuk mengabadikan momen bahagia itu dengan berfoto bersama di halaman madrasah. Budiman mengucapkan selamat kepada keduanya. "Selamat atas prestasi kalian. Alhamdulilah dua-duanya dapat juara" ujar Budi sambil menunjukan wajah bahagia

"Allahuakbar, doa teman-teman, kepala Madrasah dan saya sendiri di ijabah Allah. Tahun lalu belum beruntung dan tahun ini menang sebagai juara I, Alhamdulilah saya bersyukur kepada yang kuasa" ungkapnya dengan perasaan bahagia 

Atas kemenangannya, Beny dan Mustika mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan dari panitia penyelenggara pemilihan guru berprestasi, Kesra Pemerintah Kota palembang. Hadiah tersebut di serahkan langsung oleh Asisten IV Kesda di aula MAN 3 Palembang hari ini, Jum'at (17/5). Untuk juara I di janjikan gratis  Umrah tahun depan. 

Dengan prestasi ini, berarti MIN 2 Palembang melalui gurunya berhasil meraih juara 1 guru berprestasi untuk kedua kalinya. Tahun 2012 lalu, Nurhastin,S.Pd.I di nobatkan sebagai juara I dan di umrahkan secara gratis oleh pemkot. Mustika juga berharap bisa mengikuti jejak temannya itu  mendapat umrah gratis.  "Amin doakan saja tahun depan dapat umrah gratis" harapnya. 

Sementara itu, juara 3 guru berprestasi berhasil di raih oleh guru MIN 1 Palembang. Selain itu, panitia juga memilih juara harapan I,II dan III. (tgh)

2 GURU MIN 2 PALEMBANG IKUT KOMPETISI GURU BERPRESTASI

Palembang-Humas,
Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bekerja sama dengan Kementerian Agama Agama (Kemenag) kembali menggelar kompetisi guru berprestai. Ajang ini di ikuti sebanyak 87 guru, terdiri dari guru TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs  sekota Palembang. Acara tersebut di gelar di aula MAN 3 Palembang sejak Selasa lalu (14/5). Beny,S.Pd.I dan RA.Mustika hariyanti, 2 guru asal Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang juga mengikuti lomba tersebut.

Seperti tahun 2012 lalu, seluruh peserta seleksi guru berprestasi  ini  juga mengikuti uji kompetisi. Ada 3 tes yang mereka  jalani yakni  test tertulis, wawancara dan presentasi. Beny dan Mustika sendiri  bersaing dengan sebanyak 12 guru madrasah tingkat Ibtidaiyah. Menurut Beny dirinya baru pertama kali mengikuti ajang tersebut dan belum berpengalaman dalam mengikuti test-test yang di berikan. Sementara Mustika sudah kedua kalinya mengikuti perlobaan semacam ini. “Ya tesnya ada wawancara, tertulis dan terakhir  adalah presentasi” Ujar Beny, Rabu (15/5)

Beberapa pengawas Kemenag Kota palembang dan pemenang guru berprestasi tahun 2012 juga di libatkan dalam kegiatan tersebut. Mereka menjadi juri lomba mulai dari test tertulis, wawancara dan presentasi. Tes tertulis dan wawancara di laksanakan pada Rabu (15/5) sementara presentasi makalah di laksanakan kamis (16/5).

Selain test, wawancara dan presentasi kata Beny, seluruh peserta juga wajib mengumpulkan portofolio lomba kepada panitia sebagai bukti fisik penilaian panitia. Dokumen itu berisi kelengkapan data peserta lomba, pengalaman mengajar di sertakan SK, catatan prestasi dan lain sebagainya. Beny berharap dia bisa masuk menjadi nominasi guru prestasi tingkat MI tahun ini. “Saya sudah lakukan semaksimal mungkin dan  tinggal tunggu hasilnya” lanjutnya

Mustikapun berharap demikian, kalau tahun-tahun sebelumya ia belum beruntung, tahun ini katanya ia berharap menang. “Sudah dua kali ikut tapi belum beruntung doakan tahun ini menang, amin” kata Mustika Kemarin, kamsi (16/5)

Sementara itu, Kepala MIN 2 Palembang memberikan apresiasi atas semangat guru-gurunya. Dia juga berharap dua gurunya itu menjadi  juara. “ ya kalau bisa juara I dan II’ Kata Budi di ruang kerjanya, kamis (16/5).

Berdasarkan  informasi, Pengumuman lomba guru berprestasi  di umumkan hari ini, Jum’at (17/5) di aula MAN 3 Palembang. Panitia akan menetapkan 6 pemenang yakni juara I,II dan III, di tambah Juara harapan I, II dan III. (tgh)

Kontributor MIN 2 Palembang pindah keruang baru

Palembang-Humas,
Maksimalkan tugas, Kepala Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang, Budiman Hasan memfasilitasi kontributor Madrasahnya yakni sebuah ruangan khusus. Ruang tersebut adalah bekas UKS yang lama. Dan kini UKS tersebut direlokasikan ke ruang belajar kelas VI.A. Katanya, kepada kontributor, alasan selain UKS harus di pindahkan karena sempit juga ruang tersebut memang sudah di siapkan untuk kontributor Madrasahnya. Hal itu ia sampaikan langsung kepada Teguh, kontributor MIN 2 Palembang, Rabu (15/5).

Selama ini Kontributor MIN 2 Palembang bergabung bersama guru Bimbingan Konseling (BK) di ruang mereka. Sementara itu, hampir setiap harinya ruang tersebut di jadikan tempat penyelesaian masalah siswa, guru ataupun wali murid sehingga suasana di sana menjadi ramai. Hal tersebut menurut Kepala MIN 2 Palembang tidak efektif buat kontributor beritanya. "Penulis itu butuh konsentrasi makanya harus di tempatkan di ruang tersendiri dan ini alasannya kenapa dia perlu di pindahkan"  ujarnya. "

Dengan memiliki ruang sendiri, Kepala MIN 2 Palembang berharap tugas-tugas kontributor madrasahnya dapat di laksanakan dengan maksimal. Baik dari kuantitas dan kualitas penulisan berita, artikel, pembuatan dan pengiriman dokumen dan lain sebagainya. "Ya kalu sudah di beri ruangan sendiri harus lebih aktif lagi" harapnya

Sebagai kontributor yang memiliki tugas mencari dan menulis berita kemudian mengkirimkan ke web kanwil sumsel harus memiliki semangat kerja yang tinggi di dukung dengan fasilitas yang memadai termasuk ruangan yang nyaman dan kondusif. Karena kebanyakan orang tidak bisa berpikir konsen saat mendengarkan kebisingan dan suasananya ramai. Oleh karena itu, Kepala MIN 2 Palembang memberikan nuansa baru bagi kontributornya. 

Untuk sementara , ruang kontributor MIN 2 Palembang baru di lengkapi dengan meja kerja, kursi kerja, lemari dan seperangkat laptop beserta printer. Itu kata Budiman harus di rawat dan di manfaatkan dengan baik. "Nanti kita percantik lagi ruang ini supaya kerjanya lebih nyaman dan tidak merasa panas" ungkapnya (tgh)

Group Nasid MIN 2 Palembang siapkan lagu untuk perpisahan

Palembang-Humas,
Dalam rangka menyiapkan acara perpisahan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang yang insyallah di laksanakan 23 Mei mendatang, group Nasid MIN 2 Palembang ini sedang menyiapkan lagu untuk acara tersebut. Mereka berlatih bersama guru pembinanya, Nurlaina,S.Ag sejak beberapa hari lalu. Seperti yang terekam kontributor MIN 2 Palembang hari ini, Selasa (14/5), Lena (Panggilan akrab Nurlaina) sedang melatih siswanya menyanyikan lagu Sholatullah di ruang laboratorium.

Katanya, itu salah satu lagu yang bakal di tampilkan pada acara perpisahan mendatang. "Kami sedang latihan untuk perpisahan nanti. Ya rencananya lagu ini mau di nyanyikan pas acara" ujar Lena

Group nasid ini terdiri kurang lebih 8 siswa dan mereka berasal dari kelas V. A. Gymnastir, selaku pemimpin vokal  group tersebut  mendapatkan latihan keras dari pembinanya. Meski suaranya indah juga memiliki nafas yang cukup panjang, dia tetap di latih untuk memaksimalkan suara dan irama lagu tersebut. Sehingga suara yang di hasilkan terdengar bagus. Sementara rekan lainnya menjadi backing vocal. 

Tujuan latihan itu sendiri adalah selain melatih vokal utama juga menyamakan nada, irama, gerakan tubuh, dan kekompakan. Itu menurut Lena hal terpenting dalam membawakan lagu secara berkelompok (group). 

Lanjutnya, latihan vokal itu harus segera di selesaikan. Mengingat dia sendiri masih ada tugas melatih tari dan lainnya. "Iya sayakan harus melatih yang lain jadi tidak bisa santai-santai lagi" ujarnya. Meskipun katanya, jauh hari sebelumnya berlatih pada kegiatan ekstrakurikuler namun untuk memastikan persiapan para siswa, mereka masih harus di latih. 

Selain Group Nasid, juga akan tampil tari-tarian, sandiwara, dongeng dan lainnya pada acara perpisahan kelas VI mendatang. (tgh)

UKS MIN 2 Palembang di relokasikan keruang belajar

Palembang-Humas,
Menanggapi himbauan Dinas kesehatan kota Palembang beberapa waktu lalu, akhirnya ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrsah Ibtidaiyah negeri (MIN) 2 Model Palembang siang ini, Selasa (14/5) di relokasikan keruang belajar. Kepala MIN 2 Palembang, Budiman Hasan mengatakan ruang UKS yang lama terlalu kecil sehingga aktifitas di sana terkesan sumpek dan tidak maksimal dalam melayani pasien. "Beberapa kali orang  kesehatan datang dan mengatakan ruang UKS kita tidak representatif. Jarak kursi kerja pegawai dan tempat tidur pasien sangat dekat. Makanya harus di pindahkan keruang yang lebih luas" ujar Budiman

Saat ini UKS MIN 2 Palembang pindah di ruang belajar yang dulunya adalah ruang belajar kelas VI.A. Sementara ruang UKS yang lama akan di fokuskan sebagai ruang informasi dan internet. Sehingga kata Budiman aktifitas para pembina UKS semakin leluasa dan sedikit lega. "Dengan pindahnya keruang tersebut di harapkan ruang pernapasan semakin luas dan pembianya tidak lagi berhimpit-himpitan" lanjutnya

Kepala MIN 2 Palembang berharap dengan relokasi ini pengelolaan UKS semakin lebih baik. Dia juga berupaya  akan melengkapi fasilitas UKS yang masih kurang. Selain itu, ruang tersebut akan di percantik agar pasien dan pembina terasa lebih nyaman. Seperti yang di ketahui bahwa fungsi utama UKS di sekolah adalah sebagai pusat pelayanan kesehatan sehingga di butuhkan ruang yang nyaman dan luas. "Tidak seperti yang lama meskipun rapi dan bersih namun terlihat sumpek" ungkap Budi

Sementara itu, Pembina UKS, Istiarti Sri Sadiah,S.Pd yang nampak sibuk hari itu mengatakan dia dan anggotanya senang dengan relokasi itu. Dia juga merasakan selama ini ruang UKS yang lama terlalu kecil. Beberapa dokter kecil yang hendak beraktifitas di sana harus berhempit-hempitan sehingga kurang nyaman. "Nah kalau yang ini insyallah lebih nyaman" ujarnya


                                                                   UKS lama


PPL PPG IAIN Raden Fatah di MIN 2 Palembang usai

Palembang-Humas,
39 guru  Pendidikan Profeisi Guru (PPG) asal IAIN Raden Fatah Palembang yang melakukan Praktek Pekerjaan lapangan (PPL) di nayatakan selesai. Hal itu di tandai dengan perpisahan mereka bersama pimpinan MIN 2 Palembang dan jajarannya di ruang guru, Senin (13/5).

Dalam sambutannya, Salah seorang guru PPG menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak MIN 2 Palembang karena telah membantu dan memfasilitasi mereka selama melakukan PPL. "Kami juga telah mendapatkan banyak pengalaman dari para pamong sekalian. Untuk itu melalui pertemuan ini kami keluarga besar PPG IAIN Raden Fatah Palembang mengucapkan terima kasih atas segala bentuk perhatian dan bantuannya" katanya

Ia juga menyampaiakn permintaan maaf jika selama keberadaannya  kurang lebih 3 bulan banyak merepotkan pihak madrasah. "Kami juga sadar selama di sini banyak melakukan  kesalahan baik dalam mengajar maupun dalam sikap dan tingkah kami" ujarnya

Sementara itu, Wakil kurikulum MIN 2 Palembang, dalam kesempatan itu mewakili kepala Madrasahnya juga mengatakan hal yang sama. katanya, Jika dalam pelayanan MIN 2 selama ini ada kesalahan dan tidak berkenan bagi para guru PPG, dia atas nama kepala MIN 2 Palembang meminta maaf. "Kami juga menyampaikan terima kasih dan maaf jika dalam dalam pelayanan ataupun pergaulan guru-guru kami banyak menyinggung bapak/ibu sekalian" ujar Lian

Lain halnya dengan pembimbing PPG, yang di wakili Syarifudin, Dosen IAIN Raden Fatah Palembang   berharap kerjasama IAIN-MIN 2 Palembang dalam momen seperti itu terus terjalin dengan baik. Apalagi katanya, PPL tersebut  baru gelombang yang pertama dan kemungkinan masih ada lagi. "Kami harap hubungan ini terus berjalan dengan baik" harapnya

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta kepada seluruh guru PPG untuk segera menyelesaikan laporan kegiatan dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai salah satu syarat lulus  kegiatan tersebut. "Tolong jangan mudik dulu, sebelum laporan dan yang lainnya selesai karena bisa menyulitkan urusan kalian" jelasnya

Suasana perpisahanpun berlangsung haru namun bahagia. Di akhir acara, pihak IAIN menyerahkan cindra mata kepada MIN 2 Palembang. Itu sebagai tanda terima kasih atas kerjasama selama ini. (tgh)

Cara Cepat dan Alami Mengecilkan Perut Buncit

SRIPOKU.COM , - Memilik perut yang ramping serta kekar dan bentuk paha yang ideal tentunya dambaan setiap orang, namun seiring dengan padatnya aktivitas dan tekanan di kantor sering kali kita terlalu betah duduk berjam-jam sehingga perut kita semakin hari semakin membuncit.

Selain itu perut buncit juga merupakan sumber penyakit dan juga paling memiliki resiko terserang penyakit seperti Diabetes, Impotensi, Stroke dan tentunya serangan Jantung.

Jangan segera khawatir untuk mengatasi itu semua berikut ini beberapa tips mengecilkan perut buncit secara alami :

1. Latihan Kardio.

Bagi anda yang ingin mengecilkan perut atau melakukan program diet, latihan kardio ini mutlak diperlukan untuk memaksimalkan hasil. Beberapa latihan kardio adalah berlari (jogging), bersepeda, renang,berjalan, main bola tangan, treadmill dll. Olahraga berupa jogging,renang, dan bersepeda memainkan banyak tubuh dan ini sangat efektif untuk membakar lemak tubuh dan perut.


2. Mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein
vitamin C, serat, kalsium. Hal ini akan membantu anda menghindari timbunan lemak baru pada tubuh.

3. Kurangi makanan kabohidrat sederhana.
Karbohidrat sederhana pada makanan sangat mudah dirubah menjadi lemak oleh tubuh. Maka kurangilah porsi karbohidrat sederhana yang berupa nasi, roti putih, pasta, dan makanan lain yang mengandung banyak karbohidrat sederhana. Sebagai pengganti makanan tersebut anda bisa menggantinya dengan beras merah, kentang, dan makanan lain yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks  

4. Ganti makanan anda yang mengandung lemak jahat dengan lemak baik. 
Makanan yang termasuk lemak jahat yaitu, gorengan,mentega, keju, susu full cream, minyak sawit, roti, dll. Sedangkan yang termasuk ke dalam lemak baik (lemak tunggal tak jenuh) diantaranya kacang tanah, walnut, almond, kacang pistachios, alpukat, canola dan minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

5.  Minum kopi dan teh hijau. 
Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan laju metabolisme hingga hampir 10% dan membantu membakar kalori lebih banyak. Sama halnya dengan teh hijau yang dapat mengurangi penyerapan lemak dan membantu sirkulasi glukosa.  

6. Lakukan olahraga yang menitik beratkan pada perut.
Olahraga yang baik untuk mengecilkan perut yaitu berupa Sit Up, olahraga hulahop, Scot Jam, dan lain-lain.
Itulah tips-tips kesehatan yang dapat mengurangi massa perut kita secara alami, sehingga perut ideal yang selalu kita dambakan dapat menjadi kenyataan dan tentunya dengan sedikit usaha. 


Contoh Cover Makalah (KOP Muhammadiyah Palembang)

Unduh file disini

Dari Benci Menjadi Cinta

Pengabdian Guru

Dari  Benci Menjadi Cinta

Oleh: Maisaroh
“Cerita ini berawal ketika saya akan lulus dari sekolah saya yaitu SMK Pembina Palembang”

Aku tak ingin menjadi guru

            Saat itu saya akan lulus pendidikan di SMK pada tahun 2005. Teman-teman mulai bertanya, “Hai mai setelah lulus dari sini mau lanjut kemana” kata mereka. Saya bingung kemudian saya jawab “entahlah saya juga bingung” Saya membalas. Saya pun bertanya balik kepada teman-teman dan mereka banyak yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi guru. Sayapun di tawari untuk menjadi guru. Ajakan itu datang bukan hanya dari teman-teman bahkan guru saya juga menyarankan demikian. Meski ajakan datang silih berganti namun dari hati kecilku tak pernah terpikir untuk menjadi seorang guru. Menurutku, guru itu sosok yang menyebalkan. Kalau menjadi guru harus bangun pagi-pagi, memakai pakaian blazer, menghadapi banyak anak, memeriksa PR mereka, membuat perangkat dan lain sebagainya. Itulah lasan yang membuat saya tak ingin menjadi guru. Terlepas dari keinginan itu, sebenarnya saya belum memiliki upaya untuk melanjutkan kuliah. Melihat kondisi perekonomian orang tua yang kurang, saya jadi terpikiran setelah lulus sekolah langsung mencari kerja. Saya tak ingin merepotkan orang tua dan saya yang harus mencari nafkah. Akhirnya begitu saya di nyatakan lulus dari SMK, saya langsung membuat lamaran kerja ke mall-mall. Sebelumnya, saat itu saya nekad pergi ke Jakarta guna mencari pekerjaan. Tapi, apa hendak di kata ijazah SMK yang saya pegang tidak membuahkan satu pekerjaan pun. Saya bingung, mau pulang ada perasaan malu namun di sisi lain orang tua dan keluarga sangat mengkhawatirkan kepergianku. Tak lama dari situ saya kembali pulang ke Palembang dan berencana mencari pekerjaan di sana. Ada seorang teman yang mennawariku bekerja di Hotel Swarna Dipa Palembang. Tanpa pikir panjang saya langsung mengantarkan lamaran kesana dan di terima bekerja. Beberapa tahun saya jalani bekerja sebagai waitress di beberapa hotel dan membuat saya jenuh. Saya mencoba melamar bekerja di Mall-JM.

Bekerja sebagai SPG JM-mall 
            Jenuh bekerja di hotel saya mencoba suasana kerja baru yaitu di mall-JM Palembang. Saya bertahan lama di sana. Bertemu banyak teman baru yang saya rasa memberikan banyak keindahan buat saya. Saat itu saya masih menumpang kendaraan teman saat berangkat bekerja. Selang beberapa waktu gajipun sudah mulai terkumpul akhirnya saya mengkredit motor. Dari pekerjaan saya ini banyak membantu kebutuhan keluarga. Saya tidak lagi mengijinkan orang tua untuk bekerja karena hasil dari kerja yang saya lakukan bisa memenuhi kebutuhan ekonomi kami.
            Awalnya saya bertugs  di JM kenten sako, kemudian pindah ke JM PS mall dan terakhir di JM sukarame Palembang. Selama bekerja, saya juga pernah rolling pihak perusahaan ke JM malang. Hari-hari terus saya lalui tanpa memikirkan masa depan apalagi kuliah dan menjadi guru. Saya terus bekerja dan bekerja tanpa memikirkan rasa cape, lelah apalagi niat berhenti bekerja. Walaupun di ketahui pekerjaan di mall memerlukan banyak waktu dan terkadang sering lembur sampai pulang jam 01.00 malam. Itu kalau pas musim lebaran.

Bertemu sang kekasih
            Lama bekerja di JM membawa saya kesuatu pertemuan yang sangat berkesan. Saat itu saya sedang melayani pembeli. Ini ketika saya masih di JM sako Palembang. Saat sedang melihat pembeli yang sepertinya sedikit stress, ia membawa uang recehan dan membunyi-bunyikan di depan saya. Eeeh tiba-tiba ada cowok yang datang dan langsung meminta tolong mencarikan tas yang bagus dan murah. Saya kaget tapi anehnya tanpa bepikir panjang langsung saya iyakan permintaan cowok itu. “OK, tunggu sebentar” kata saya.
            Tidak lama kemudian saya kembali dengan membawa tas sesuai dengan permintaannya tadi. Tas berwarna hitam dengan harga Rp. 50.000,-. “Terima kasih ya..ini baguskan?” ucapnya. “Iya bagus kok” sahut saya. Cerita-cerita akhirnya kami saling tukar nomor  hand phone dan pulang kerja sempat kontekan. Jujur saja ketika itu saya sudah ada pacar. Tapi ya namanya juga masih belia jadi belum tahu betul apa itu pacaran. Hari demi hari kami saling berhubungan dan diapun memberanikan diri main kerumah dan coba menjalin hubungan dengan orang tua. Dia sering antar jemput saya bekerja terkadang juga jalan bareng. Pendek cerita akhirnya kami jadian.

Dia seorang mahasiswa dan bekerja sebagai guru
            Hubungan kamipun terus berjalan hingga akhirnya saling kenal satu sama lain. Dia adalah seorang mahasiswa dan juga bekerja sebagai guru di salah satu Madrasah Negeri Palembang. Sebenarnya ini bertentangan dengan kriteria saya. Tapi saya berusaha menghilangkan perasaan itu. Saya mulai menjalin hubungan dengan dia pada tahun 2008 tepatnya tanggal 18 Desember 2008. Hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun. Rasa saling kenal sudah semakin dalam dan selama  menjalani hubungan memang banyak sekali perdebatan dan tantangan. Soal pekerjaan saja contohnya, saya selalu berusaha merongrong dia untuk bekerja di perusahaan dan berhenti menjadi guru. Mungkin ini keterlaluan tapi itulah saya. Diapun mengecap saya memiliki sifat keras namun pendiriannya tetap teguh sesuai dengan namanya teguh. Awalnya kami belum mau terlalu jauh menjalin hubungan tapi entah mungkin karena perasaan kami sepakat dan bercita-cita membawa hubungan sampai kejenjang pernikahan.
            Suatu hari dia memberanikan diri berbicara kepada orang tua saya. Dia mengatakan serius menjalin hubungan tersebut. Ya saya terus terang senang dan mau mau saja. Demikian juga orang tuaku. Saya menjelaskan keadaan kehidupan keluargaku, mulai dari ekonomi, jumlah keluarga dan lainnya. Diapun mengerti dan paham dengan hal itu. Ia juga membawa saya bertemu dengan kedua orang tuanya dan memperkenalkan detail saya. Dari pandangannya mereka setuju dan saya juga sedikit lega. Akhirnya kami terus menjalani hubungan ini. Orang tuanya sempat menanyakan pekerjaanku saat itu. Saya katakana yang sebenarnya dan mereka pun hanya mendengarkan dan Cuma bilang “oooo”.

Aku mulai mencintai dunia pendidikan
            Pertemuan itu membawa perubahan besar  bagi kehidupan saya. Orang tua pacar saya sepertinya tidak tega kalau saya bekerja di mall. Ayahnya kasihan jika melihat saya terus pulang malam dan sering berdiri melayani pembeli karena itu hal yang sangat melelahkan. Melalui pacar saya, ia menawarkan untuk mencoba bekerja di dunia pendidikan dan meninggalkan profesi saya saat itu. Terus terang saya sangat berat menerima itu apalagi gaji saya lumayan besar. Pacarku terus menasehati, memberi pengarahan dan arahan bahwa profesi yang selama ini saya lakukan tidak memberikan masa depan. Itu hanya berlaku sementara karena tidak ada ikatan yang jelas dan kapanpun bisa di pecat atau di keluarkan kalau perusahaan itu tidak berkenan. Saya rasa setiap instansipun  demikian. Saya mulai memikirkan ajakan dan tawaran dia dan orang tuanya. Saya mencoba menanyakan kepada teman-teman yang berprofesi guru apakah pekerjaan itu lebih baik. Menurut kebanyakan mereka ternyata pekerjaan itu menyenangkan. Bekerjanya santai, bisa berbagi ilmu pengetahuan, menambah pengetahuan, yang lebih mulia ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Selain itu masa depannya juga jelas, kemungkinan besar naik karir dan lebih banyak memiliki waktu luang bersama keluarga. Saya pun bertekad untuk bekerja di dunia pendidikan.

Berhenti JM dan beralih di dunia pendidikan
            Terima kasih pacarku…berkat dia kehidupanku mulai tertata dan masa depanku mulai terlihat. Jika tadinya  saya sering pulang malam sekarang tidak lagi. Saya di minta menyampaikan surat lamaran ke tempat orang tuanya bekerja. Saya di terima dan langsung di daftarkan pada usulan guru kulaih kualifikasi di IAIN Raden Fatah Palembang. Saya masuk dan akhirnya melanjutkan kuliah di sana. Perasan benci sebagai guru lambat laun memudar dan berubah menjadi cinta. Sembari kuliah saya di minta mengajar. Saat itu saya mengajar mengagntikan sementara guru yang sedang sakit. Awalnya bingung tapi demi waktu saya terus berlatih dan belajar banyak dari para guru senior. Sayapun mulai mengerti bagaimana cara mengajar. Tahun depannya saya di percaya mengajar kelas 1 dan 2. Pengalaman mengajarpun terus bertambah dan saya makin menyayangi profesi yang satu ini.

Benci menjadi Cinta
            Inilah yang saya maksud dalam cerita ini. Awalnya saya memang benar-benar benci menjadi guru dan mengajari banyak siswa. Tapi karena kehadirannya membuat jalan pikiranku bertolak 180 derajat. Kebencian itu merubahku menyayangi profesi guru dan benar-benar ingin mengabdikan diri menjadi guru yang professional berguna dalam pendidikan. Sejak di percaya mengajar, saya terus berupaya memperbaiki diri dan meningkatkan pengajaran terhadap peserta didik.

Guru, tanggung jawab yang mulia
            Setelah kujalani ternyata pekerjaan menjadi guru adalah pekerjaan yang mulai. Dengan menjadi guru artinya kita ikut membantu Negara dalam mewujudkan kehidupan yang damai, sejahtera, cerdas dan berakhlak mulia. Saya mencintai pekerjaan ini dan insyallah selagi  tempat kerja mempercayakat saya mengajar, saya akan lebih meningkatkan pengajaran yang saya lakukan selama ini.

Terus berupaya menjadi yang terbaik
            Inilah cerita perjalanan saya sampai menjadi guru, awalnya  kubenci akhirnya kucinta. Profesi ini benar-benar mulia dan saya berjanji akan terus menjadi yang terbaik, tulus menjalankan tugas dan mengabdikan diri terhadap pendidikan.

Kepala MIN 2 Palembang hadir di acara perpisahan MTSN 1 Palembang


Palembang-Humas,
Kepala Madrasah Ibtidaiyah negeri (MIN) 2 Model Palembang,Budiman Hasan menghadiri acara perpisahan  MTs Negeri 1 Palembang, Selasa (14/5). Dia bertolak dari Madrasahnya sekitar pukul 08.30 WIb pagi tadi tanpa di dampingi siapapun. 

Sebelum berangkat, dia mengatakan telah mendapat undangan perpisahan dari MTS Negeri 1 Palembang dan akan pergi kesana. "pagi ini saya mau menghadiri perpisahan siswa kelas III di MTs Negeri 1" ujarnya. Kedatangannya kesana selain memenuhi undangan kepala Madrasah juga sebagai undangan wali murid.  karena putranya sekolah di sana. 

Acara perpisahan adalah acara yang rutin di gelar menjelang kelulusan siswa sekolah mulai dari tingkat TK sampai dengan SMA/MA. Ini juga sebagai pertanda bahwa sekolah tersebut bakal meluluskan  siswa kelas kelas tertinggi setelah mereka di nyatakan lulus. 

Bukan hanya sebatas menghargai undangan, kehadirannya juga dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antar kepala madrasah. Apalagi selama ini hubungan dengan kepala MTS N 1 Palembang, Hj. Yeni terbilang baik. Bukan hanya baik selaku rekan kerja namun di luar itu juga memiliki hubungan silaturahmi yang baik.

Selain Kepala MIN 2 Palembang, hadir juga dalam acara tersebut  jajaran kepala madrasah yang lain, pejabat kanwil kemenag sumsel dan pejabat dari kankemenag kota Palembang. (tgh)

Juli mendatang MIN 2 Palembang terapkan absen elektronik

Palembang-Humas,
Mulai Juli, tepatnya tahun pelajaran 2013/2014 mendatang Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang mulai menerapkan absen elektronik. Ini di berlakukan bagi seluruh PNS dan honor di madrasah tersebut. Hal itu  di sampaikan Kepala MIN 2 Palembang, Budiman Hasan saat menjadi pembina upacara, Senin (13/5).

Menurutnya walaupun baru akan di terapkan Juli mendatang, namun perubahan cara absen tersebut harus sudah mulai di sosialisasikan agar guru dan pegawai tidak terkejut. "Jangan sampai nanti bapak/ ibu bertanya- tanya kok saya tidak di beri tahu ada abbsen elektronik. Makana saya beri tahu dari sekarang" jelas Budi

Penerapan absen elektronik ini sebenarnya sudah perintahkan kanwil sejak lama. Namun suatu hal, MIN 2 Palembang baru memberlakukan pada tahun pelajaran baru mendatang. "Sebenarnya rencana ini sudah lama dan kita yang belum menerapkan absen elektronik" lanjutnya

Perubahan absen elektronik ini secara langsung bakal mengantikan absen manual yang selama ini di lakukan para guru dan pegawai. Dengan absen ini guru ataupun pegawai tidak bisa santai-santai lagi, tidak bisa absen borongan, tidak bisa bolos ataupun datang terlambat dan pulang cepat. 

Teknik penggunaan absen elektronik tersebut adalah dengan menghadapkan kedua mata guru atau pegawai   ke sensor.  "Jadi bukan jempol atau wajah melainkan mata bapak/ibu yang menyatakan kehadiran kesekolah ini" pungkasnya. Alat itu juga bekerja secara otomatis. Mendeteksi kedatangan dan kepulangan para guru dan pegawai. Jadwal yang telah di atur pada alat itu yakni datang pagi jam 06.30 dan pulang jam 12.55 sedangkan  jam datang siang jam 11.00 dan pulang jam 17.25 wib, khusus hari Jum'at jam 17.30 wib. 

"Guru atapun pegawai yang datang lewat dari waktu tersebut maka di nyatakan alfa atau tidak hadir karena secara otomatis alat itu menolak. Begitupun kepulangan, jika guru atau pegawai pulang sebelum waktu di tentukan juga tidak bisa" ungkapnya

Dengan absen elektronik tersebut, PNS ataupun honor benar-benar di tuntut untuk di siplin. Ini menjadi suatu cara yang efektif menurut Kepala MIN 2 Palembang. karena dengan demikian upaya pendsiplinan terutama jam datang dan pulang benar-benar terealisasi.

Ya walaupun katanya, selama ini para guru dan pegawai sudah disiplin datang tepat waktu pulang pun demikian. Tapi dengan alat tersebut mereka benar-benar tahu betapa pentingnya disiplin (tgh)

Sandrina, Juara IMB III

Jakarta - Si penari cilik asal Bogor, Sandrina Azzahra akhirnya terpilih menjadi juara di ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB) III yang digelar pada Minggu (12/5/2013).

Setelah bersaing ketat dengan Vina, Sandrina keluar sebagai juara di ajang tersebut.

Selama kurang lebih tujuh bulan, IMB season III diselenggarakan. Hingga akhirnya tinggal Sandrina dan Vina yang tersisa di malam puncak grand final.

Dalam penampilannya kali ini mereka memang tampil mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki. Vina sempat berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari.

Vina mengisahkan cerita cinta antara Ainun & Habibie dengan pasirnya dan diiringi lantunan lagu dari BCL.

Sementara sang juara, Sandrina tampil menawan berkolaborasi dengan penari Ninik Didik Thowok dan Sahita. Mereka tampil atraktif dengan menyajikan tarian lintas nusantara.

Hingga akhirnya pada tahap penjurian, Titi Rajo Bintang yang mewakili juri lainnya mengumumkan nama Sandrina Azzahra.

Sementara dari polling SMS, Sandrina sudah unggul cukup jauh dari Vina. Sebagai juara I, Sandrina mendapat hadiah uang tunai Rp 150 juta dan satu unit mobil Nissan Evalia.

Selamat Sandrina Azzahra!

(detik.com)

Anak ini hoby main lumpur


Palembang-Humas,
Mungkin kalau pembaca  denger seorang anak hobi main air itu biasa, tapi yang satu ini lain, bocah di perkirakan berusia 5 tahun ini hoby main lumpur. Terekam kamera kontributor MIN 2 Palembang beberapa waktu lalu, bocah ini terlihat sedang merangkak di atas lumpur. Dia bak berenang di kolam mewah. 

Anak tersebut  adalah salah satu putra anggota Gerakan Fajar Nusantara (gavatar). Saat itu Gavatar tengah gotong royong membangun jalan di sebuah madrasah swasta. Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang adalah nama madrasah tersebut. Madrasah ini terletak di daerah lebak Murni ujung Sako Palembang. 

Saat asik mengangkut tanah, tiba-tiba bocah lucu berkulit putih itu ikut nimrung dan terjun pada kolam gobangan bekas galian tanah. Ia merauk tanah yang sudah becek dan mencoba melemparkan kejalan. Orang-orang yang melihat aksinya ikut terheran-heran karena baru kali itu melihat anak yang hoby bermain lumpur. 

Anak itupun tidak sendirian. Teman lain yang melihatnya malah ikutan terjun dan bermain dengannya. Mereka terlihat seperti sedang mencari ikan. 

Karena takut sakit, orang tua dan teman orang tua bocah itupun menyuruhnya naik ke atas dan membersihkan diri. Namun anak itu enggan menurutinya malah berlari-lari di seputar kobangan itu. "ga mau enakan disini" ujar si bocah itu.

"Nak ayo bangun kotor itu, nanti sakit" pinta orang tuanya. Anak itupun terus bermain sampai warga yang bergotong royong selesai bekerja. Kata orang tuanya anak itu sebelumnya tidak pernah main tanah. Tapi entah  kenapa melihat lumpur waktu itu seperti melihat air di kolam sehingga langsung terjun kedalamnya.
(tgh)

Istigfar yang di anjurkan pada bulan rajab

Palembang-Humas,
Bulan rajab adalah bulan pengampunan, kata ustadz Ahmad saat memberikan materi Fikif-wudhu di masjid daerah lorong Sawah Makmur, Perintis Kemerdekaan Palembang, Minggu malam (12/5).

Kepada jamaah masjid ia mengatakan untuk banyak-banyak membaca dzikir saat berada di bulan tersebut. Selain dzikir katanya, puasa rajab dan Senin-Kamis juga baik untuk menambah pahala. "mari banyak dzikir dan istigfar" kata Ustadz

Istigfar yang di sarankan untuk di baca yakni berlafaz "Robigfrli warhamni watubalaiyah" . Ini di baca sesudah magrib atau sebelum subuh sebanyak 70 kali setiap harinya. "Masih banyak amalan-amalan lainnya" lanjut ustadz tersebut.

Menurutnya, setelah habis bulan rajab umat Islam kembali menghadapi bulan ramadhan. Dalam menyambut bulan suci ramadhan  hati harus suci dan bersih. Itulah salah satu alasan perbanyak ibadah sebelum sampai pada bulan ramadhan. (tgh)

Apakah yang di maksud dengan darah haid?

1. Apakah yang di maksud dengan darah haid?


Jawab:
Yang di maksud dengan darah haid adalah darah yang keluar mengalir dari alat vital atau kemaluan wanita dalam keadaan yang sehat dan tidak karena melahirkan, keguguran ataupun pecahnya selaput dara. (Ust. labib Mz)


2. Kapankah wanita mulai datang haid?

Jawab:
Menurut para ulama bahwa wanita yang kedatangan tamu atau permulaan haid itu adalah apabila usianya mencapai 9 tahun atau lebih. Jadi apabila ada seseorang wanita belum mencapai 9 tahun sudah mengeluarkan darah dari kemaluannya itu namanya bukan darah haid tetapi darah penyakit dan perlu di periksakan kedokter. 

3. Apakah larangan bagi wanita yang sedang haid?

Jawab:
Larangan bagi wanita yang sedang datang haid adalah a). tidak boleh mengerjakan shalat baik itu wajib ataupun sunat, b). tidak boleh berpuasa baik itu wajib ataupun sunat, c). tidak boleh mengerjakan thawaf, d). tidak boleh masuk masjid dalam segala bentuk, e). tidak boleh membaca alqur'an (bukan menghafal), f).tidak boleh melakukan aktifitas sex.

Benarkah Manusia makhluk paling mulia?

Renungan hati kaum muslimin dan muslimat
Secara dzahir bentuk jasad atau fisik manusia berbeda dengan binatang atau makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Manusia berbeda dengan binatang seperti Sapi, Kerbau, Kucing, Domba dan lainnya. Manusia di ciptakan dengan bentuk yang sempurna bahkan manusia di beri kelebihan berupa akal. Bandingkan, kalau binatang sapi lapar, dia tak mungkin berpikir oh tanaman ini punya orang nanti dia marah kalau di makan. Aneh kalau Sapi punya pikiran seperti itu. Itulah kelemahan makhluk lain di bandingkan Manusia. Mereka hanya punya pikiran dan tidak bisa membedakan mana baik mana buruk, mana hak mana kewajiban. Itu karena mereka tidak di beri akal oleh Allah. 

Manusia di beri akal dan pikiran dengan tujuan supaya kita bisa membedakan mana yang baik dan tidak, mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita benar-benar makhluk yang paling mulia. Kalau di lihat dari pernyataan di atas bahwa manusia lengkap di beri akal dan pikiran dan di ciptakan dalam bentuk yang baik di banding lainnya, IYA manusia adalah makhluk yang paling mulia. Namun mulia di sini bukanlah sekedar kelengkapan fisik saja melainkan di lihat dari ibadah, sikap dan perbuatan kita selama di dunia. Ternyata kelebihan manusia dari penciptaanya tidak mesti menjadikan manusia adalah makhluk yang paling mulia, bahkan sebaliknya manusia adalah makhluk yang paling hina. 

Allah SWT berfirman "Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang yang musrik (akan masuk) keneraka Jahanam;mereka kekal di dalamnya. Mereka adalah seburuk-buruk makhluk. (QS. AlBayyinah:5).

Orang-orang kafir dalam ayat di atas  bukanlah binatang, melainkan manusia-manusia yang di ciptakan dengan sebaik-baik bentuk. Mereka di beri wajah yang cantik dan tampan, harta yang melimpah, kedudukan atau jabatan yang tinggi di banding manusia lainnya. Di beri kecerdasan, tubuh yang indah. Namun, karena mereka membangkang kepada Allah, tidak mengikuti ajaran Rasulallah SAW, menggunakan kecantikan, ketampanan, harta untuk hal-hal yang negatif, di gunakan di jalan setan. Di sisi Allah, kedudukan dan derajat mereka adalah hina dan rendah, bahkan lebih hina dan rendah dari pada binatang. 

Jangan sampai kita di samakan rendah seperti binatang
Kalau boleh memilih mungkin binatang lebih memilih di ciptakan sebagai manusia. Tapi kenapa manusia malah ingin menyerupai binatang. Sex bebas, hubungan suami istri tanpa pernikahan, ciuman di tempat umum, lebih-lebih semua itu tanpa ada hubungan pernikahan adalah perbuatan binatang. Coba kita lihat binatang kalau main dengan lawan jenisnya tanpa malu-malu tempat umu. Naudzumindalik janganlah sampai kita demikian. Taubatlah wahai manusia yang pernah atau sudah ada niat bersikap seperti itu. Kalaupun demikian lebih baik menikah atau puasa untuk menghindarinya. 

Tentu kita tidak mau di samakan rendah dengan binatang. oleh karena itu, pola pikir, tingkah laku, sikap dan perbuatan harus berbeda dengan binatang. Kan kita di beri akal dan pikiran. lalu apa kuncinya untuk benar-benar menjadi makhluk mulia bukan hanya lebih mulia  dari hewan namun mulia di banding seluruh makhluk ciptaan Allah SWT?  

Menjadi orang beriman adalah kunci kemuliaan dan ketinggian derajat, karena kemuliaan hanya akan menjadi milik orang-orang yang beriman. Allah SWT berfirman: "Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman" (QS. Ali Imran:139). (tgh, Al-Qudwah))

Lucu, Kok bisa pulang dengan sepatu sebelah kiri semua


Palembang-Humas,
Dari sekian banyak berita yang di keluarkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang , inilah yang di anggap  paling lucu. Adalah mardiono, siswa kelas V yang menjadi korban kehilangan sepatu sebelah kanan saat pulang sekolah, Sabtu (11/5). Terlihat oleh seorang wali murid Mardiono keliling sambil menangis kecil mencari pasangan sepatunya. 

Akhirnya ia di panggil keruang BK MIN 2 Palembang oleh salah seorang guru BK. Dia di tanya kenapa menangis. Mardiono mengatakan sepatu sebelah kirinya hilang dan yang ada padanya pasangan kanan semua. "Ga tahu pak kenapa kanan semua" kata Mardiono sambil kebingungan. 

Geli dan lucu kedengarannya. Siapapun yang mendengarkan cerita ini pasti ketawa termasuk Novra, salah seorang guru BK.  "Ya aneh saja kok temannya ga risih atau bagaimana rasa kakinya memakai sepatu yang sama" celotehnya sambil menenagkan mardiono. 

Akhirnya Ia (Novra) meminjamkan sepatu yang ada di ruangannya kepada si Mardiono dan mengamankan sepatu yang tinggal sebelah kanan semua tadi. Mardiono di suruh berhenti menangis dan akhirnya ia pulang. Novra mengatakan untuk kembali menghadapnya pada Senin mendatang mencari pasangan sepatunya kemudian menukarkan dengan yang sebenarnya. "nanti di cari pasangannya, sekarang pakai ini dan pulanglah. Bilang sama ayah Ibu ada teman yang salah pakai sepatu jadi sementara di pinjami dari BK" ujar Nov

lanjutnya memang sering terjadi hal seperti ini tapi biasanya kehilangan sepatu sebelah, ketinggalan sepatu atau bbaju dan lainnya. "bukan tertinggal sepatu kiri atau kanan semua" ungkapnya.  (tgh)

Katanya bikin pintar & Tinggi, aku minum susu Hilo

Palembang-Humas,
Tertarik mendengarkan penjelasan tentang manfaat dan khaisat susu Hilo dari kakak-kakak Hilo asal Palembang ini, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model palembang, Syifa membeli Hilo School dari mereka.  Team dari susu Hilo tersebut sedang memberikan penjelasan tentang produk Hilo School kepada ratusan siswa-siswi MIN 2 Palembang di ruang belajar, Sabtu (11/5). 

Satu dari beberapa temannya yang membeli susu Hilo ingin mencoba menikmati kenikmatan dan manfaat dari susu  tersebut. Di jelalskan katanya susu Hilo tinggi akan kalsium dan rendah lemak. Sehingga bagi yang mengkonsumsinya akan terhindar dari yang namanya gemuk (Fat). 
"Apalagi untuk siswa, ini sangat bagus menjaga kondisi tubuh supaya tumbuhnya ketas bukan kesamping" ujarnya

Slogan "tumbuh keatas bukan kesamping" inilah yang mungkin di minati Syifa untuk mengkonsumsi susu tersebut. Ia berharap dengan mengkonsumsi susu itu, daya pikir menjadi lebih menignkat dan tubuh menjadi lebih tinggi. 

Kata Syifa kepada kontributor MIN 2 Palembang, dia membeli 2 kemasan. "beli 2 gratis 1" katanya. paket yang dia beli adalah susu Hilo School rasa Vanilla dan cokelat. HiLo School dapat dinikmati dalam varian rasa Chocolate (250 g, 500 g, 750 g), Vanilla Vegiberi (500g) dan kemasan siap minum VegiBeri (125 ml).

Susu HiLo adalah susu mineral alami tinggi kalsium dan rendah lemak untuk gerak lebih gesit. Susu HiLo diolah secara khusus dari susu sapi di Skandinavia, Eropa Utara.  Dilengkapi dengan 74 mineral organik dari alga merah sehingga mudah diserap tubuh. Susu HiLo telah mendapatkan nomor registrasi BPOM Indonesia dan sertifikat HALAL dari MUI sehingga aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Masing-masing varian susu HiLo (School, Teen, Active, dan Gold) telah diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di usia masing-masing. Dan tentunya, susu HiLo memiliki variasi rasa yang enak dan dapat dipilih sesuai kesukaan Anda (tgh)

Pameran Robotik di MIN 2 Palembang

Palembang-Humas,
Ratusan siswa-siswi Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang  di tunjukan tayangan pembuatan robot sekaligus demo langsung atraksi robot dari S.A.R.I Palembang, Sabtu (11/5) di ruang belajar MIN 2 Palembang. S.A.R.I , Sekolah Robot Indonesia yang bercabang di Jalan MP. Mangku Negara satu komplek dengan SD Paramount  hari ini, Sabtu (11/5)  memberikan sosialisasi robotik di MIN 2 Palembang. 

4 orang dari SARI ini memberikan sosialisasi pembuatan robot sekaligus menawarkan workshop robotik kepada para siswa. Satu  petuags dari mereka, Herman menjelaskan bagaimana membuat robot. Ia mengatakan tujuan pembuatan robot salah satunya adalah meningkatkan kreatifitas siswa. Pembuatannya juga katanya, tidak memerlukan biaya mahal. "Pembatan robot tidak harus menggunakan barang-barang mahal, inilah yang kami maksud bahwa pembuatan robot bisa menggunakan bahan-bahan bekas alat rumah tangga" ujarnya

Alat bekas rumah tangga yang ada pada robot buatan mereka di antaranya  panci bekas, stik ice cream, sandal bekas, bahan ember plastik dan bahan lainnya. "Mudah dan tidak mahalkan alat-alatnya" lanjutnya. Yang paling terpenting adalah kemauan dan dan kerja keras jika ingin menghasilkan robot buatan sendiri. 

Para siswa di tunjukan 3 buah robot yang masing-masing bernama Boti, kotak sampah dan halilintar. Siswa sempat berdesak-desakan saat menyaksikan pertunjukan robot yang di mainkan oleh para brother (sebutan kelompok SARI). Mereka terlihat ingin bisa membuat robot sendiri setelah menyaksikan pertunjukan tersebut. 

Pada akhir kegiatan itu, para siswa juga sempat berfoto dengan salah seorang brother yang tengah memegang sebuah robot. 

Di ruang yang berbeda, Kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan  mengatakan mudah-mudahan dengan kegiatan itu, siswanya termotifisai untuk terus meningkatkan kreatifitas mereka. Seperti pembuatan robot, kalaupun siswa berminat dan ingin menghasilkan robot sendiri ya tentu katanya mereka harus banyak belajar dari ahli. "Apapun itu yang penting tujuannya baik dan untuk mengembangkan kreatifitas anak" ungkap Budi kepada kontributor berita MIN 2 Palembang. (tgh)


Lukis dan mewarnai semarakan ekskul MIN 2 Palembang

Palembang-Humas,
Ada yang berbeda Sabtu ini (11/5) di Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang. Jika hari biasanaya memang terlihat ramai karena seluruh ekskul di fokuskan pada hari Sabtu, namun pemandangan hari ini jauh lebih ramai. Hal itu juga  di rasakan Kepala MIN 2 Palembang,Budiman hasan

Kehadiran faber-castell dan Hilo ternyata memberikan warna baru sekaligus menyemarakan ekskul MIN 2 Palembang. Mereka menggelar kegiatan lukis dan mewarnai yang di ikuti seluruh siswa-siswi MIN 2 Palembang. Para siswa di suguhi dengan permainan, cerita, dan tentunya mengenai pruduk dari faber-castell dan susu Hilo itu sendiri. 

Kepala MIN 2 Palembang mengatakan kalau ia sengaja mengijinkan faber-castell menggelar kegiatan itu pada Sabtu. Karena hari tersebut lebih santai dan tidak ada ada pembelajaran di kelas. "Kegiatan hari ini di fokuskan ekskul jadi pas untuk kegiatan mereka" ujarnya pagi ini, Sabtu (11/5).

Sebelum mengikuti lomba para siswa di perkenalkan terlebih dahulu dengan materi tentang susu Hilo yang di sajikan oleh petugasnya. (tgh)

Kepala MIN 2 Palembang gilir guru jadi pembina upacara

Palembang-Humas,
Sebagai seorang pendidik (guru), sudah seharusnya  berani berbicara depan umum dan berpidato. Ini berarti guru harus memperluas  wawasan dan pengetahuannya juga belajar bagaimana dan apa yang harus di sampaikan. Kata Kepala MIN 2 Palembang,Budiman hasan  di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. 

Menurut Budiman, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang selama ini guru-guru di sana jarang di jadikan pembina upacara. Al hasil saat di minta berbicara depan umum mereka gugup, gemetar dan bingung mau bilang apa. "Ini pernah di temui begitu saya menjabat Kepala di sini" Kata Budi kepada kontributor MIN 2 Palembang

Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi seorang kepala MIN 2 Palembang kok  guru tidak berani berbicara depan umum. Sementara itu, ia berharap setiap guru khususnya di madrasahnya mampu berbicara depan umum, lancar dan bagus dalam menyampaikan kata-kata. 

Oleh karena itu, dia membuat jadwal petugas pembina upacara dan menggilir setiap guru menjadi pembina upacara. Ini di lakukan tidak lama setelah ia duduk di MIN 2 Palembang. Tujuannya kata Budi, sebagai ajang latihan dan memberankan diri berbicara di depan umum. "Malau kita seorang guru kok ga bisa ngomong depan umum" pungkasnya

Terlebih kalau di minta membawa sambutan atau pidato di acara pernikahan, sukuran dan lain sebagainya. Kalau kita bilang tidak bisa ini sudah tentu menjadi nilai kurang bagi sekawanan guru. Bahkan  bisa mencoreng nama guru. "Kok guru apalagi guru agama tidak bisa ngomong"  Budiman menggambarkan 

langkah tersebut di yakini Kepala MIN 2 Palembang  bisa membiasakan dan memberanikan guru untuk berbicara di muka umum.  "Kalau sudah di biasakan mudah-mudahan kedepan jadi terbiasa" lanjutnya. Ternyata tidak  hanya berlaku untuk guru. Pegawai MIN 2 Palembang pun demikian. Mereka juga mendapat giliran menjadi pembina upacara. 

Masih dalam hal yang sama, guru-guru dan pegawai juga mendapat giliran menyampaikan arahan pada kegitan jum'at islami . (tgh)

Hastin, Guru MIN 2 Palembang dapat hadiah umrah

Palembang-Humas,
Nurhastin,S.Pd.I, guru agama asal Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang rencananya akan di umrahkan oleh Pemerintah kota Palembang (Pemkot) tahun ini. Ia tergabung dalam daftar puluhan peserta lain yang mendapat hadiah umrah karena berprestasi. Hastin, demikian orang memanggilnya, adalah salah seorang guru yang berhasil meraih juara 1 guru berprestasi tingkat Ibtidaiyah pada lomba guru prestasi yang di gelar Pemerintah Kota palembang (Pemkot), 5 Juni 2012 tahun lalu. 

Hastin sendiri seakan tidak percaya dengan apa yang di dengarnya. Dulu saat menerima hadiah lomba, ia tidak pernah mendapat janji atau iming-iming bakal di umrahkan. Alhamdulilah katanya, kalau hal itu memang benar maka ia benar-benar bersyukur kepada Allah SWT. 

Kabar baik itu ia dapatkan langsung dari pemkot via telphone beberapa waktu lalu. Terkejut, senang, ragu-ragu, itulah perasaan yang ia rasakan saat itu. Kepada kontributor berita MIN 2 Palembang, ia berbagi cerita bahagia tersebut. Namun jujur katanya, hal itu masih rahasia walaupun sudah banyak  bukti keberangkatannya tak mungkin di undur lagi. 

"Saya ini masih harap-harap cemas. Memang sejak kabar itu, saya di minta melengkapi berbagai syarat ini dan itu. Terakhir saya di suruh mengurus dan membuat paspor keberangkatan. Doakan saja ini benar-benar terwujud dan mudah-mudahan kalau jadi, saya akan berdoa buat guru-guru, khususnya adek agar cepat menyusul. amin" kata Hastin

Jika jadi, Hastin akan berangkat bersama seorang rekannya yang juga mendapat hadiah yang sama. Dia adalah Trisnawati,S.Pd.I. Saat ini Tris mengajar di MIN 2 Palembang. Dia adalah pemenang guru berprestasi tingkat TK, karena sebelumnya mengabdikan diri pada TK perwanida 2 palembang. 

Kepada pemkot, khususnya panitia lomba guru prestasi, Hastin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya. Dia berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan terhadap para guru yang memiliki prestasi. "Alhamdulilah prestasi guru tidak di sia-siakan" ungkapnya

Di pihak lain, Kepala MIN 2 Palembang, Budiman Hasan mengucapkan selamat  kepada Hastin. Dia tidak menyangka Pemkot begitu memperhatikan guru-guru yang menang lomba beberapawaktu lalu. "Selamat semoga terus sukses" katanya 

Dia berpendapat bahwa langkah yang seharusnya di ambil pemerintah khususnya dunia pendidikan memang seharusnya seperti itu. Dengan demikian, guru-guru menjadi lebih semangat dan terus meningkatkan prestasinya baik, dalam mengajar dan lain sebagainya (tgh)

Faber-Castell-Hilo gelar Kegiatan lukis dan mewarnai di MIN 2 Palembang

Palembang-Humas,
Faber-Castell, perusahaan tua di bidang alat tulis menulis ini kembali datang ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang. Jika sebelumnya hanya mensosialisasikan pensil tulis dan gambar, kali ini group faber-castell Palembang datang bersama susu Hilo menggelar kegiatan menggambar  dan mewarnai di MIN 2 Palembang. Kegiatan tersebut di laksanakan besok, Sabtu (11/5) di ruang belajar  MIN 2 Palembang dan di ikuti seluruh kelas I sampai dengan kelas VI. 

Kegiatan ini di sambut baik oleh Kepala MIN 2 Palembang dan jajarannya. Kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan tidak keberatan jika faber-castell menggelar  kegiatan itu di madrasahnya. "Ya silahkan kalau mereka mau gelar,  kita sediakan fasilitas ruang kegiatan tersebut" kata Budi kepada Wakil Kesiswaan,Beny,S.Pd.I

Faber castell membagi kegiatannya dalam dua jenis. Pertama kegiatan mewarnai akan di ikuti siswa kelas 1 sampai 3, sedangkan kegiatan menggambar di ikuti oleh siswa kelas 4 sampai 6. Kegiatan ini juga di jadikan ajang perlombaan bagi siswa karena menurut salah seorang tim faber castell yang mulai membuka stand hari ini, Jum'at (10/5), tiga hasil terbaik menggambar dan mewarnai akan di beri hadiah oleh Faber castell dan Hilo. "Iya jadi pada kegiatan besok selain menggambar dan mewarnai gratis menggunakan pensil warna dari kami juga menjadi ajang lomba para siswa" ujar salah seorang tim tersebut

Lanjutnya, tujuan kegiatan tersebut selain mempromosikan alat-alat faber castell kepada siswa, juga menjadi ajang kreatifitas para siswa. "Kami tidak memaksa untuk membeli tapi mencoba memberikan dan merekomendasikan alat-alat tulis dan pewarna yang baik" katanya (tgh)

Ekskul MIN 2 Palembang cetak penari baru

Palembang-Humas,
Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) sebagai ajang penyaluran bakat siswa di sekolah harus terus di kembangkan. Seperti yang di lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang. Ekskul menarinya mulai mencetak dan melahirkan bibit-bibit penari baru. Adalah Meilena, salah seorang pembina tari di MIN 2 Palembang yang terus  giat melatih dan memberikan tarian-tarian baru kepada siswa binaanya. Nampak pagi ini, Jum'at (10/5) dia (Meilena) sedang melatih beberapa siswanya menari di ruang laboratorium. 

Saat di temui, pembina tari yang akrab di sapa Osin ini mengatakan dia dan pembina tari lainnya tengah mencetak dan melahirkan penari-penari baru. Hal ini juga di karenakan para penari senior yang selama ini banyak tampil mengisi acara kegiatan dan mengikuti kompetisi lomba di luar bakal hengkang dari MIN 2 Palembang. "Kami sudah banyak menyiapkan penari-penari baru dan mereka (para siswi yang di latih) juga terlihat sudah terampil dan menguasai tarian-tarian yang di ajarkan" ujar osin

Tari sampan, Zapin Bariak  dan Rantak yang selama ini menjadi ikon di MIN 2 Palembang juga sudah di warisi oleh penari lainnya. Hal ini tentu tidak menyulitkan MIN 2 Palembang untuk menampilkan penari-penari baru pada setiap acara dan perlombaan kelak. "Walaupun sebentar lagi siswa kelas 6 lulus, penerus tarian tersebut sudah ada" lanjutnya

Selain tiga  tarian itu, Osin dan rekannya juga mengajarkan tari lain kepada para siswa. Menurutnya semakin banyak tarian yang di ajarkan semakin banyak  kebolehan yang di miliki siswa. Suatu saat katanya, apa yang sudah di kuasai mereka dapat di ajarkan di masyarakat, di tampilkan pada acara pernikahan, kegiatan, upacara dana lain sebagainya. "Bahkan kalau mau sebagai modal membuka sanggar tari sendiri" jelasnya

Dalam waktu dekat ini, kata Osin binaanya akan menguasai tari Stik. Dia sedang menyiapkan tarian tersebut dan insyallah mampu bersanding dengan tarian lainnya di MIN 2 Palembang. "Kita sudah ajarkan tarian itu pada siswa, ini tidak kalah hebatnya seperti tarian yang selama ini di bawakan para siswa" ujarnya

Terkait dengan hal itu, kegiatan ekskul MIN 2 Palembang selama ini juga mendapat dukungan penuh dari kepala Madrasahnya. Justru kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan menekankan kepada setiap pembina ekskul untuk melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin untuk melahirkan siswa-siswi yang penuh akan kreatifitas dan keterampilan. (tgh)

Budiman: Tidak ada yang ujian susulan

Palembang-Humas,
Sebanyak 82 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang telah di nyatakan selesai mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2013. Hal tersebut di tandai dengan berakhirnya ujian terakhir, Rabu, (8/05) di madrasahnya. Sama seperti tahun lalu, tidak ada satu siswapun yang mengikuti ujian susulan. Hal itu di ungkapkan Kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan di ruang kerjanya, Rabu (8/05)

"Alhamdulilah akhirnya ujian ini selesai dan alhamdulilah juga semua siswa telah merampungkannya. Tidak ada siswa yang menyusul" ujarnya kepada kontributor MIN 2 Palembang,Rabu (8/05)

Meski demikian, ia masih belum puas dan lega karena masih harus menunggu waktu pengumuman kelulusan yang belum di tentukan waktunya. Meski selama ini pihaknya telah maksimal dalam memberi bekal kepada siswa namun rasa kuatir masih  ia rasakan sebelum pengumuman tiba. "Ya kita tetap optimis dengan kemampuan mereka" lanjutnya

Kepala MIN 2 Palembang tetap optimis semua siswanya akan lulus dengan nilai yang baik. Apalagi selama ini upaya madrasah sudah cukup maksimal dalam melatih, dan memberikan materi pelajaran terhadap siswa. Di samping itu, ia juga meminta kepada para siswa, guru  dan orang tua berdoa agar hasil kerja siswa mengahsilkan yang terbaik.

"Kita wajib berdoa kepada Allah karena biar bagaimanapun juga Dialah yang menentukan" Pungkasnya (tgh)


Dokumen Lengkap kurikulum 2013

Kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 rencananya mulai di terapkan pada Juni 2013. Jika jadi, kurikulum ini bakal menggantikan kurikulum KTSP yang sudah di gunakan sejak 2006 lalu. Sebagai persiapan, Kepala madrasah, sekolah, guru dapat mempelajarinya terlebih dahulu si lahkan unduh dokumen kurikulum 2013 di bawah ini. Terima kasih kepada kangmartho.com yang telah membagikan doc. ini kepada kita semua....


NPSN MIN 2 Palembang

Pengkodean Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) di madrasah selama ini di nilai salah. Hal itu terungkap oleh salah satu petugas pengelola NPSN pusat yang datang ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Model Palembang, Selasa (7/5). Dia (namanya belum di ketahui) menemui Kepala MIN 2 Palembang,Budiman Hasan untuk bersilaturahmi sekaligus meninjau madrasahnya. Menurutnya, saat melihat papan data yang ada NPSN pengkodeannya salah. "Ini kode untuk SD" Katanya

lanjutnya, pengekodean NPSN di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian pendidikan Nasional (Kemendiknas) itu berbeda. NPSN untuk kemenag (Madrasah) di awali dengan angka dua digit 60 sedangkan Kemendiknas 10. " Namun selama ini khususnya di MIN 2 Palembang, NPSN yang di pakai adalah 10. "Jadi pembedaan pengkodean ini untuk memudahkan identifikasi sekolah" ujarnya
Kepala MIN 2 Palembang menanggapi baik hal tersebut. Dia mengatakan kode NPSN yang ada selama ini seperti itu sehingga pihaknya tidak menganggapnya itu salah. "Ya kami terima seperti ini jadi inilah yang kami pakai selama ini" ungkapnya. NPSN MIN 2 Palembang yang lama 10604053 sedangkan yang baru adalah 60705143. 
Dia berjanji segera merubah NPSN yang lama dengan NPSN yang baru termasuk dalam kop, surat menyurat yang selama ini menggunakan kode itu. "Terima kasih atas informasi ini" ujar Budi. 

Sebagai informasi, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah nomor kode yang di keluarkan dan di kelola langsung oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kode ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan memudahkan pengidentifikasian sekolah atau madrasah. Data referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah sebuah situs resmi yang saat ini mengelola data tersebut. Bukan hanya itu, situs yang beralamat http://refsp.data.kemdikbud.go.id  juga mengelola data peserta didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta kode wilayah. Di sana dapat di ketahui jumlah sekolah dan madrasah se-Indonesia, jumlah pendidik dan lainnya. (tgh)

2010 MIN 2 Model Palembang. All Rights Reserved. - Provided by Free Blogger template.